Home » Brand Positioning Como 1907: Demi Ambisi Besar Grup Djarum

Brand Positioning Como 1907: Demi Ambisi Besar Grup Djarum

oleh Fans Como Indonesia
A+A-
Reset
Brand Positioning Como 1907: Demi Ambisi Besar Grup Djarum

Semenjak diakuisisi oleh konglomerat asal Indonesia, Como 1907 tidak hanya sekedar klub sepak bola semata. Klub asal kota Como ini telah menjelma menjadi brand global dengan visi yang jauh melampaui batas lapangan sepak bola. Di balik strategi teknis sebagai klub sepak bola, terdapat kerja sama kreatif antara dunia olahraga, bisnis, dan hiburan yang dilakukan oleh manajeman Como 1907.

Kerja sama ini membentuk wajah baru bagi Como 1907 lewat investasi global dan model bisnis yang berkelanjutan. Dalam urusan dilapangan, Como 1907 mengalami transformasi struktural dengan mempercayakan orang-orang tepat dan kepemilikan yang melibatkan dengan beberapa figure seperti Cesc Fabregas dan Thierry Henry.

Kemudian Como 1907 mengembangkan beberapa pilar utama untuk membangun pondasi yang kuat sebagai klub sepak bola dan sebagai brand global. Pilar utama tersebut diantaranya membangun infrastruktur modern seperti pusat latihan baru dan akademi sepak bola untuk menyediakan bibit-bibit pemain muda potensial.

Selain itu Como 1907 melakukan pengembangan ke arah digitalisasi melalui kampanye sosial media, dokumenter, dan konten-konten eksklusif. Pilar utama lainnya yang dilakukan adalah diversifikasi pendapatan lewat berbagai kolaborasi seperti tren fashion, film, dan juga pariwisata. Dalam proses pengembangan tersebut, Como 1907 mulai bekerja sama dengan berbagai pihak.

Cesc Fabregas sebagai pemegang saham minoritas tidak hanya berperan sebagai pelatih dari Como 1907 tetapi juga membantu perencanaan strategi rekrutmen klub dan pengembangan pemain muda. Berbeda dengan Thiery Henry, ia tidak langsung terjun ke dalam struktur kepelatihan dari Como 1907 melainkan bertugas untuk dapat memberikan pengaruh positif bagi klub dan komunitas lokal dengan nama besar yang dimiliki.

Selain kedua nama besar dalam sepakbola tersebut, Como 1907 menggaet aktor Hollywood Patrick Dempsey untuk aktif dalam promosi global klub. Ia berpartisipasi dalam peluncuran film dokumenter Como 1907, partisipasi dalam event internasional, hingga mendukung pengembangan brand klub ke dalam industri lifestyle.

Kolaborasi Brand Global: Como 1907 Bukan Sekedar Klub Sepak Bola

Dalam membangun brand klub secara global, Como 1907 Tidak hanya bekerja sama dengan tokoh-tokoh dari sepak bola, bisnis, dan hiburan saja. Como 1907 juga menjalin kemitraan dengan berbagai brand fashion, travel, dan luxury lifestyle demi memberikan eksposur besar dengan daya tarik yang kuat di seluruh dunia terutama di pasar Asia dan Amerika.

Beberapa brand yang menjalin kemitraan dengan Como 1907, di antaranya:

  • Adidas: Meluncurkan kit home 2024/25 dan koleksi fashion wanita berjudul “Semm Cumasch” yang terinspirasi dari bendera Como.
  • Bric’s: Menghadirkan produk seperti holdall (tas besar), kotak kosmetik, dan travel kit dengan merek bersama Bric’s X Como.
  • Rhude: Merilis koleksi premium “Still Waters Run Deep” yang menghadirkan perpaduan  sportwear dan fashion mewah khas Rhude seperti t-shirt, zip-up sweatshirt, top rugby, dan ballcap berlogo co-brand.
  • Erreà Sport: Brand asal Parma ini menjadi tecknical sponsor resmi Como 1907 sejak tahun 2022 untuk memenuhi kebutuhan kit pertandingan dan training dengan kualitas tinggi.
  • Hublot: Brand ini merilis jam tangan limited edition “Hublot Classic Fusion Como Edition” dengan menggabungkan elemen simbolik Danau Como dan teknik haute horlogerie Hublot.

Tidak hanya brand fashion, Como 1907 menjalin kemitraan dengan Hotel dan Restoran di sekitar Danau Como. Klub ini menjalin kemitraan dengan Villa d’Este dan Cenobbio sebagai tempat untuk peluncuran fashion show koleksi Rhude X Como. Selain itu, rencana SENT Tourism juga tengah digagas oleh klub untuk memberikan pengalaman tematik di Danau Como.

Rencananya akan ada juga fan experience center seperti museum interaktif klub hingga cafe yang bertujuan untuk menggabungkan nilai sejarah klub dan budaya lokal agar dikenal lebih luas. Dengan menggabungkan olahraga, entertainment, dan brand yang kuat, Como 1907 ingin menjadi ikon sepak bola modern yang dikenal tidak hanya di Serie A tetapi di seluruh dunia.

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar